Rabu, 27 April 2011

Properti : Investasi Yang Menarik dan Menguntungkan

Kali ini Info Rumah akan berbagi ide/tulisan ringan  mengenai properti sebagai investasi paling tepat bagi teman-teman yang memiliki modal cukup sekaligus ingin melakukan investasi pada sektor riil. Investasi pada properti ini sangat menarik dan menguntungkan bagi sebagian orang yang sudah mengalaminya. Bahkan, banyak dari pengusaha ternama sukses melalui bidang properti ini.

Investasi pada dasarnya mencakup dua hal, yakni “mengeluarkan saat ini untuk mengharapkan keuntungan di saat mendatang” dan “mengeluarkan secara pasti untuk keuntungan yang belum pasti”.

Investasi properti atau real estate, sebagaimana menurut definisi di atas, secara sederhana dapat diartikan mengeluarkan atau menanamkan modal dalam aset yang berbentuk tanah dan/atau bangunan di atasnya (misalnya rumah, kios, dll). Bentuk investasi lain selain properti antara lain saham, obligasi, option, deposito, emas, dolar dan lainnya.

Di sini, biasanya orang melakukan investasi karena terdorong oleh harapan memperoleh keuntungan yang begitu tinggi. Setidaknya ada enam keuntungan dalam melakukan investasi pada properti, yakni :

1. Apresiasi dari nilai tambah (karena sifatnya terbatas dan tidak bergerak /immobility);
2. Nilai tambah dari pengembangannya (seperti dibuat bangunan komersial atau areal pertanian;
3. Adanya pendapatan dari kegiatan operasi (disewakan);
4. Merupakan agunan yang baik;
5. Proteksi daya beli terhadap inflasi;
6. Merupakan kebanggaan bagi pemilik atau pemakainya.

Dalam investasi properti ini, pada umumnya orang mempunyai dua tujuan berbeda. Tujuan pertama, investasi yang dilakukannya hanya bersifat jangka pendek (short-term investment), dimana ia berinvestasi bertujuan untuk dijual kembali, seperti pembelian tanah, rumah, rumah toko (ruko) dan lainnya kemudian dijual kembali kepada pihak lain.

Tujuan kedua, investasinya mempunyai sifat jangka panjang (long-term investment), dimana ia  berinvestasi bertujuan untuk dimiliki dan/atau kemudian disewakan, seperti kos-kosan/kontrakan, villa, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, sportclub seperti lapangan futsal dan sebagainya. 

Namun demikian, apa pun tujuannya, banyak orang yang memandang investasi pada properti lebih menarik dan lebih menguntungkan dibanding investasi di bidang lain. Hal ini dapat dimaklumi karena hampir semua orang beranggapan bahwa tidak ada sejarahnya, khususnya tanah dan rumah yang turun harganya. Setiap tahun dapat dipastikan harganya akan meningkat dan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Selamat berinvestasi di properti kawan ^_~ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar