Minggu, 17 April 2011

Tips Memilih Tempat Tinggal Bagi Pasangan Baru ^_~

Beberapa minggu yang lalu di instansi tempat teman Info Rumah bekerja ada  penempatan  bagi para pegawai yang telah lulus pendidikan program Diploma IV STAN ke kantor kerja yang baru termasuk pemilik Infor Rumah sendiri. Baru-baru ini  juga Info Rumah berdiskusi dengan beberapa teman dekat baik yang baru saja menikah ataupun yang akan menikah dalam kurun waktu 1 – 3 bulan ke depan. Banyak dari teman yang meminta pendapat dan masukan perihal rumah tinggal yang akan dihuni, apakah memilih rumah kontrak, kosan ataukah membeli rumah baru dengan tipe kecil.

Tentunya masing-masing pasangan memiliki pertimbangan sendiri dalam hal memilih rumah tinggal. Berikut tips bagi teman-teman khususnya pasangan muda yang ingin menempati rumah tinggal. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan penghasilan anda dan pasangan anda.

1. Jika memilih untuk mengontrak rumah, maka pastikan biaya sewa yang teman-teman keluarkan tidak lebih dari 5% pertahun dari harga perkiraan rumah. Misalkan, teman-teman ingin menyewa rumah di sebuah daerah perumahan dengan harga rumah rata-rata 300 juta, maka akan lebih baik jika harga sewa rumah pertahun < 5% atau maksimum 15 juta pertahun atau 1.25 juta perbulan.

Mengapa teman-teman ...? jika ternyata mampu untuk sewa rumah dengan biaya 2 juta perbulan maka lebih baik teman-teman dan pasangan membeli rumah sehingga tidak menghabiskan uang untuk biaya sewa. Selain itu, perlu teman-teman ketahui bahwa kerugian dari memilih rumah kontrakan adalah berapapun biaya yang dikeluarkan untuk sewa rumah, teman-teman tetap tidak akan memiliki rumah, hehehe :)

2. Bagi yang memilih untuk membeli rumah dengan dana terbatas, teman-teman bisa melakukan hal  sebagai berikut yaitu pilihlah rumah dengan tipe bangunan kecil namun tanah luas. Hidup berdua bagi pasangan muda rasanya belum membutuhkan ruangan yang banyak, cukup kamar tidur utama, ruang tamu, ruang makan, dapur dan kamar kecil. Tanah yang luas memungkinkan teman-teman untuk membangun rumah secara bertahap dalam beberapa tahun. Disamping itu, teman-teman bisa menabung terlebih dahulu untuk membangun rumah. Diskusikan dengan kontraktor mengenai blue print pembangunan rumah teman-teman secara bertahap dalam 5 atau 10 tahun ke depan, hingga rumah teman-teman dan pasangan benar-benar jadi sempurna.

Demikian tips dari Info Rumah, semoga bermanfaat. ^_^

1 komentar: